Obat Maag Alami Dan Sederhana Untuk Redakan Nyeri Lambung
Obat Maag Alami Dan Sederhana Untuk Redakan Nyeri Lambung

Obat Maag Alami Dan Sederhana Untuk Redakan Nyeri Lambung

Posted on

Phobidilian.com – Sakit maag merupakan salah satu kesehatan yang umun dialami oleh banyak orang, area yang menjadi keluhan yaitu sakit perut.

Sakitt maag disebut dengan gastritis, menurut buku tanya jawab seputar kencing manis (diabetes melitus) dan sakit maag (Gastritis), Maag yaitu Bahasa Belanda yang berarti lambung, skait maag berarti sakkit di daerah lambung.

Istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan rasa nyeri pada lambung, sedangkan istilah medis yang resmi untuk sakit maag yaitu gastritis yang astinya peradangan pada gester atau lambung.

Sebenarnya, gastritis yaitu istilah hhistopatologis (pemeriksaan menggunakan mikroskop) terhadap jaringan tubuh yang mengalami peradangan.

Obat Maag Alami

Gastritis atau sakit maag dapat diobati dengan bahan alami, berikut dibawah ini beberapa obat maag alami yang dapat di coba untuk meredakan rasasakit.

Madu

Madu dapat digunakan sebagai obat maag alami, dalam buku Honey Analysis New Advances and Challenges dijelaskan, ketika mukosa usus rusak, maka madu membantu dalam perbaikan dan berfungsi untuk agen anti inflamasi serta memicu pertumbuhan jaringan baru.

Madu memiliki aktivitas antibakteri terhadap H. pylory, Studi in vitor menunjukan bahwa sekitar 20% larutan madu bersifat biosida (menghacurkan) terhadap bakteri tersebut.

Melansir laman Independent, Profesor Molan telah menyarankan untuk mengonsumsi satu sendok teh madu Manuka dengan sedikit roti sebanyak tiga kali sehari untuk meredakan sakit maag.

Telur

Dalam kasus sakit maag akut dan dispepsia perut kembung, telur juga dapat dikonsumsi sebagi obat mag alami menurut buku Mrs.Rorer’s Diet for the Sick.

Gunakan putih telur karena lebih mudah dicerna dibanding kuningnya, telur merupakan sumber protein yang baik untuk dimakan penderita sakit maag.

HIndari telur yang di goreng, dimmasak dengan mentega, atau dicampur dengan keju karena dapat menyebabkan memperburuk lapisan perut.

Teh Hijau

Teh hijau menganudng antioksidan yang dapat menghambat perkembangan sakit maag kronis dan mencegah kanker perut, Dr. Zuo-Feng Zhang dalam web UCLA Fielding Scool of Public Healt menjelaskan bahwa hasil studi yang menunjukan teh hijau dapat digunakan untuk mengobati gastritis kronis.

Selain itu teh hijau juga bisa digunakan untuk terapi pencegahan pada penderita yang beresiko tinggi, penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Cancer, selain itu, teh hijau juga dapat mengurangi insiden kanker perut dalam jangkan panjang.

Dalam studi penderita sakit maag kronis menyimpulkan banwa yang minum teh hijau tidak mengalami kambuh sebanyak orang yang tidak minum teh.

Penelitian juga menyimpulkan bahwa meningkatkan frekuensi dan durasi minum teh hijau dapat menurunkan risiko sakit maag kronis dan kanker perut.

Ekstrak Bawang Putih

Salah satu penyebab maag yaitu infeksi bakteri Helicobacter plylori (H.pylori), menurut publikasi dalam World Journal of Gastroenterology, lebih dari 50% populasi dunia terinfeksi bakteri tersbeut.

Dalam Avicenna Hournal of Phytomedicine dijelaskan, bahwa bawang putih mentah memiliki efek anti bakteri terhadap H,pylori yang berada di perut dan dapat digunakan sebagai obat maag secara alami.

Karbohidrat dan vitamin yang terdapat pada bawang putih berperan dalam mengobati maag, jika mengonsumsi bubuk bawang putih sebanyak empat gram dapat membunuh bakteri H.pylori.

Leave a Reply

Your email address will not be published.