Manfaat Tahu Putih Untuk kesehatan Tubuh
Manfaat Tahu Putih Untuk kesehatan Tubuh

Manfaat Tahu Putih Untuk kesehatan Tubuh

Posted on

Phobidilia.com Salah satu olahan yang terbuat dari kacang kedelai yang paling populer yaitu tahu. Tahu memiliki beragam jenis salah satunya yaitu tahu putih. Biasa di bilang bahwa tahu putih adalah makanan andalan untuk perbaikan gizi karena tahu kaya akan mutu protein nabati terbaik dan memiliki komposisi asam amino paling lengkap serta diyakini memiliki daya cerna yang sangat tinggi.

Kandungan gizi yang terdapat pada tahu tidak kalah tinggi dibandingkan telur, gading, dan ikan. selain itu harganya yang relatif murah menjadka tahu sebagai makanan favorite semua orang.

Tahu putih mengandung protein dan juga memiliki kandungan lemak, karbohidrat, mineral, fosfor, vitamin B-kompleks seperti thiamin, riboflavin, vitamin E, vitamin B12, kalium serta kalsium.

Adapun manfaat tahu putih untuk kesehatan tubuh, berikut ini:

1. Mencegah anemia

Anemia yaitu kondisi dimana kadar haemoglobin (HB) dalam darah di bawah normal. Tanda -tanda yang paling sering dikaitkan dengan anemia yaitu pucat, sakit dada, nafas pendek, pusing, dan cepat lelah.

Sedangkan untuk pengobatan anemia sendiri harus diarahkan berdasarkan penyebabnya agar hasilnya lebih maksimal. Beberapa ditempuh melalui tranfusi darah, pemberian obat yang dapat menekan sistem kekebalan tubuh, pemberian obat dengan tujuan menambah sel darah dalam tubuh, serta mengonsumsi suplemen zat besi, vitamin B12, asam folat, vitamin serta mineral lainnya.

2. Mengurangi rambut rontok

Selain meregenerasi kulit ternyata mengonsumsi tahu juga sangat bermanfaat untuk mencegah rambut rontok. Kandungan keratin serta protein pada tahu sangat berguna untuk pertumbuhan rambut.

3. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis atau pengeroposan tulang tidak hanya pada orang tua saja. Orang yang masih muda juga tentu memiliki risiko terkena osteoporosisi jika asupan nutrisinya tidak di jaga.

Melemahnya kekuatan tulang kerap menyebabkan tulang rapuh serta mudah patah. Kondisi semacam ini umumnya tidak menimbulkan rasa sakit atau gejala apapun.

Sampai pada akhirnya tulang patah hanya karena benturan yang sangat ringan. Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa orang yang kekurangan vitamin B12 cenderung memiliki kepadatan tulang yang rendah.

Biasanya risiko ini umumnya terjadi pada perempuan. Kepadatan tulang yang rendah lama kelamaan akan membuat tulang anda mudah rapuh. Alhasil dapat meningktakan risiko osteoporosis.

Serta vitamin B12 yang terkandung dalam tahu putih dapat bermanfaat untuk mencegah osteoporosis. Anda dapat mengonsumsi tahu putih dengan cara direbus atau mengolah sebagai sup dan tumisan.

4. Memperbaiki kerusakan kulit

Selain bermanfaat untuk mencegah osteoporosis, ternyata rutin mengonsumsitahu putih juga bermanfaat untuk memperbaiki kerusakan kulit. Hal ini tidak lain keran kandungan kolagen yang tinggi pada tahu baik untuk memperbaiki kerusakan kulit yang diakibatkan oleh matahari serta polusi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.