Manfaat Mengkonsumsi Tempe Bagi Tubuh
Manfaat Mengkonsumsi Tempe Bagi Tubuh

Manfaat Mengkonsumsi Tempe Bagi Tubuh

Posted on

Phobidilia.com – Manfaat Mengkonsumsi Tempe Bagi Tubuhm tempe adalah makanan khasi Indonesia berbahan dasar kacang kedelai yang telah difermentasi oleh mikroorganisme. Makanan ini tentunya plaing mudah di jumpai dan banyak digemari oleh masyarakan di Tanah Air.

Selain memiliki rasa yang sangat lezat, ternyata tempe sangat kaya akan nutrisi, seperti protein tinggi dan rendah lemak. Tempe juga mengandung beberapa nutrisis baik yang tidak terdapat dalam daging sapi.

Karena berkat kanudngan gizi yang tinggi, tempe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun sayangnya, masih belum banyak yang mengetahui akan manfaat makan tempe dan masih menganggapnya untuk kalangan ekonomi rendah.

Lantas apa sajakah kanudngan dan juga manfaat tempe untuk kesehatan? Temukan jawaban anda di bawah ini!

1. Kaya antioksidan

Tempe tentunya kaya akan antioksidan yang bekerja untuk menangkal radikal bebas dalam tubu manusia. DEngan begitu, tubuh tidaka kan mudah terserang berbagai penyakit, termasuk terhindar dari kanker.

2. Sumber protein tinggi

Tmpe mengendung protein yang lebih tinggi daripada daging sapi. Sehingga banyak sekali dimanfaatkan oleh para vegetarian dalam memenuhi kebutuhan proteinnya.

Protein tersebut berfungsi untuk menjaga jaringan protein serta menghasilak enzim protolitik yang dapat memecah rantai protein sehingga dapat diserap oleh tubuh.

3. Menurunkan berat badan

Tidak hanya bermanfaat untuk vegetarian, tempe juga bnayak dimanfaatkan sebagai salah satu menu untuk diet. Sebab, tempe memiliki kandungan protein dan serat tinggi, sserta remdah lemak.

Maka, dapat dikatakan kalori tempe rendah sehingga cocok digunakan untuk metode penurunan berat badan. Adanya kandungan vitamin B kompleks di dalamnya sangat baik guna memenuhi asupan nutrisi seseorang yang telah menjalani program diet.

4. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat makan tempe berikutnya yaitu dapat mencegah naiknya kadar gula darah sehingga aman untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes.

Selain itu, tempe mengandung isoflavon dan serat yang dapat mengontrol kestabilan gula darah, dan memperbaiki resistensi insulin dalam tubuh. Mengonsumsi tempe juga dapat membantu untuk menurunkan risiko diabetes.

5. Mencegah asma

Kandungan serat did alam tempe memiliki peran penting dalam mengurangi tingkat peradangan terkait respon pernapasan. SEbab, serat dan asam lemak yang ada di dalam darah dapat memberi pengarus pada kesehatan paru-paru.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa serta fermentasi pada tempe akan memperkuat sel-sel kekebalan pada paru-paru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.