Cara Mengatasi Hidung Tersumbat
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Posted on

Phobidilia.com– Kali ini, kami akan membagikan informasi mengenai Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, informasi lengkapnya simak di bawah ini.

Hidung tersumbat memang dapat sangat menggangu sebab membuat penderitanya susah untuk bernafas lewat hidung.

Saat hidung tersumbat tidak dapat menghirup oksigen, mau tidak mau akan mengandalkan mulut untuk bernapas.

Padahal jika terlalu lama bernapas lewat mulut juga kurang bagus untuk kesehatan. Tak hanya menyebabkan mulut jadi kering, mulut memang tak di desain untuk bernafas.

Mulut tak memiliki proteksi menyaring udara-udara kotor, debu penuh dengan bakteri, serta kuman, seperti hidung.

Nah, berikut ini kami akan membagikan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang bisa dilakukan di bawah ini.

1. Perhatikan suhu ruangan

Ada di ruangan dengan suhu udara hangat serta lembab juga bisa menjadi salah satu cara yang efektif agar mengatasi hidung yang tersmbat.

Karena, ini dapat meredakan peradangan serta meredakan pembengkakan oembuluh darah pada hidung. Hal yang bisa dilakukan dengan menghindari ruagan dengan suhu hangat dingin ataupun nyalakan air humidifier.

Humidifier ini meningkatkan ion oksigen dan juga kadar air di udara. Walaupun tak memberikan fungsi yang konsisten didalam mengobati hidung tersumbat.

2. Mandi air hangat

Mandi dengan di bawah kucuran air panas bisa membantu meredakan hidung tersumbat. Akan tetapi, temperatur airnya pun hangan terlalu tinggi.

Usahakanlah tutup pintu kamar mandi sehingga uap air bisa terkumpul. Saat uap air telah banyak, tariklah nafas dalam-dalam untuk melegakan sinus.

Uap yang diperoleh air panas tersebut mampu mengurangi produksi lendir sampai hidung bisa kembali bernafas dengan normal.

3. Oleskan minyak kayu putih

Salep, minyak kau putih ataupun balsem bisa menjadi cara ampuh untuk mengatasi hidung tersumbat. Oleskanlah minyak kayu putih pada permukaan lubang hidung supaya bisa terus menghirup aromanya.

Minyak katu putih ataupun eucalyptus oil yang terbuat dari daun kayu putih itu sudah dipakai selama tahun sebagai obat.

Minyak kayu putih mampu membunuh bakteri yang mengakibatkan infeksi sinus serta meredakan peradangan pembuluh darah dengan bertahan.

4. Berkumur dengan air garam hangat

Berkumur dengan air garam juga bisa melembapkan tenggorokan sakit serta gatal ketika hidung tersumbat dan memberikan kelegaan pada saluran pernapasan dengan sementara.

Coba larutkanlah setengah sendok teh garam ke dalam 200 ml air hangat, lalu berkumurlah dan juga lakukan empat kali sehari.

5. Perbanyak minum

Ketika pilek berat, lendir akan mengental serta menyumbat hidung. Cara mengatasinya, perbanyak cairan tubuh dengan minum air hangat.

Air hangat mampu membantu mengencerkan lendir pada saluran pernapasan, mengurangi tekanan pada sinus.

Saat tekanan berkurangm peradangan serta nyeri akibat hidung tersumbat akan berkurang. Jika tak biasa minum air hangat, maka cobalah konsumsi campuran teh jahe dan juga mint, air cuka apel, ataupun lemon dan madu hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.