6 Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan
6 Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan

6 Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan

Posted on

Phobidilia.com- 6 Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan – Sedikit beda dengan timun biasa, timun suri ini buah yang punya tekstur lebih halus.

Jenis timun satu ini dikenali dari bentuknya yang lebih besar. Berbentuk lonjong atau oval dengan daging buah yang warnanya pucat dan juga kulit luar yang berwarna kekuningan.

Timun suri ini kaya akan kandungan air, fruktosa, mineral kalium, vitamin A, vitam C, fosfor dan serat makanan.

Mengonsumsi 100 g timun suri mampu memenuhi 50% dari kebutuhan kalisum serta fosfor harian, menurut buku “Buah Ajaib Tumpas Penyakit” oleh N. S. Budiana.

Berikut ini, kami akan membagikan 6 Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan, informasi lengkapnya simak di bawah ini.

1. Mengatasi asam urat

Tomun suri bisa mengatasi asam urat yang berlebih sebab bekerja dengan membantu melarutkan sisa metabolisme.

Asam urat yang berlebih didalam darah akan membentuk kristal serta menumpuk di persendian sehingga terjadi penyakit gout atau arthritis.

Penderita asam urat ini disarankan untuk dengan banyak minum air, salah satunya dengan konsumsi timun suri.

2. Timun suri mengandung vitamin C

Orang yang mengalami kekurangan vitamin C akan merasa lelah. Vitamin C ini diperlukan untuk membantu stres emosional, psikologis atau fisik.

Tak hanya itu, khasiat vitamin C ialah untuk proses pematangan eritrosit dan meningkatkan absorbsi serta metabolisme zat besi.

3. Bermanfaat dalam pembentukan tulang dan gigi

Fosfor dan kalsium pada timun suri mampu membantu berlangsungnya berbagai proses normal pada tubuh, khususnya dalam pembentukan tulang dan juga gigi.

Kalsiu ini berfungsi untuk mengatur pembekuan darah. Jika terjadi luka, maka kalium di darah akan memicu fosfolipid tromboplastin dari platelet darah sehingga menjadi fibrin.

Jika kalium kurang pada darah, maka otot tak mampu mengendur sesudah kontraksi sehingga menjadi kaku.

4. Mengandung Nutrisi

Buah timun suri punya kandungan mineral yang cukup tinggi, yaitu 1.008 mg kalium, 768 mg kalsium, dan 422 mg fosfor per 100 gram (Hayati et al., 2008).

Kalsium ini bermanfaat untuk menjaga keseimbangan air pada tubuh, kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, serta membantu pengiriman oksigen ke otak.

5. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Timun suri ini terdiri dari 90% air. Buah ini punya banyak kandungan vitamin dan mineral yang dapat mengikat racun.

Jika rutin mengonsumsi buah satu ini, maka racun pada tubuh akan dibuang lewat urin. Sehingga, tubuh terdetoksifikasi dari racun serta menjadi lebih sehat.

6. Timun suri mengandung kalium yang baik untuk tubuh

Timun suri mengandung 76,4 mg kalium yang akan membantu saraf untuk berfungsi serta otot berkontraksi.

Kalium juga akan membantu detak jantung agar selalu teratur, dan juga membantu mengimbangi sejumlah efek bahaya natrium di tekanan darah.

ebuah penelitisan terhadap 12.000 orang dewasa yang diterbitkan pada “Archives of Internal Medicine” menunjukan jika orang yang mengonsumsi 4.069 mg kalium setiap hari menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sebesar 37% dan penyakit jantung iskemik sebanyak 49% dari pada orang yang mengonsumsi 1.793 mg per hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.