8 Cara Mengobati Diare Secara Alami dan Cepat
8 Cara Mengobati Diare Secara Alami dan Cepat

8 Cara Mengobati Diare Secara Alami dan Cepat

Posted on

Phobidilia.com- 8 Cara Mengobati Diare Secara Alami dan Cepat – Diare memang selalu membuat badan merasa tak nyaman. Selain perut yang terasa mulas, anda juga tentu perlu bolak-balik kamar kecil untuk buang air.

Meskipun telah banyak obat diare yang tersedia di apotek dan warung, anda mungkin tak sellau memilikinya di rumah bukan?

Dengan demikian, untuk pertolongan pertama, anda dapat menggunakan pilihan obat diare alami ini yang mungkin anda miliki di rumah.

Nah, berikut ini kami akan membagikan 8 Cara Mengobati Diare Secara Alami dan Cepat yang bisa anda coba gunakan.

1. Pisang

Pisang adalah buah yang sangat cocok untuk mengatasi diare secara alami. Sebab pisang kaya akan kalium yang dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang akibat dari diare.

Tak hanya itu, pisang juga mengandung pektin yang dapat menyerap cairan didalam usus. Sehingga kotoran yang dikeluarkan akan lebih padat dan tak berair.

2. Oralit Buatan Sendiri

Oralit bisa menjadi salah satu obat diare yang sangat ampuh. Namun jika anda tak memiliki oralit di rumah, anda dapat membuatnya sendiri dengan bahan yang sederhana.

Cara yang bisa anda lakukan, larutkanlah enam sendok teh gula pasir serta setengah sendok teh garam didalam satu liter air.

Aduklah sampai rata dan minumlah satu gelas setiap 4-6 jam sekali. Garama dan gula sendiri adalah elekrtolit yang dapat menjauhkan tubuh anda dari dehidrasi akibat diare.

3. Jahe

Jahe punya sifat anti radang, anti nyeri serta anti bakteri yang cocok sebagai obat diare serta dapat menenangkan perut anda. Caranya, rebuslah irisan jahe dan minumlah saat hangat.

4. Kentang

Kentang juga memiliki kandungan kalium yang sangat cocok untuk mengatasi diare. Anda dapat mengolah kentang dengan cara dikukus, sebisa mungkin anda jauhi menambahkan margarin, mentega dan juga saus pedas.

5. Yogurt

Yogurt adalah makanan dengan probiotik tinggi. Probiotik ini adalah bakteri baik yang terdapat pada siste pencernaan.

Makanan yang memiliki probiotik tinggi dapat meningkatkan jumlah bakteri baik agar melawan kuman penyebab diare.

6. Wortel

Kandungan pektin yang terdapat di wortel dapat membuat feses yang dikeluarkan menjadi lebih padat. Caranya, dengan membuat wortel menjadi bubur dengan menumbuknya sampai halus serta diblender dengan sedikit air.

7. Air Putih

Mengonsumsi air putih juga taka hanya dapat mengatasi diare, namun dapat membantu mencegah dehidrasi.

Sebab, ketika diare tubuh pasti akan kekurangan cairan seban kotoran yang terus dikeluarkan. Ketika diare juga sangat dianjurkan untuk tak minum alkohol, susu dan juga kafein.

8. Jus Buah

Ketika diare, anda juga dianjurka agar minum jus buah. Jus buah ini bisa dikonsumsi setiap hari ketika diare, namun disarankan juga agar tak menambahkan pemanis, baik gula, susu ataupun madu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.