7 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang
7 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

7 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Posted on

Phobidilia.com- 7 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang – Salah satu masalah pada gigi yang sangat umum di masyarakat Indonesia adalah gigi berlubang.

Jika tidak segera diatasi dengna baik, maka lama kelamaan rasa sakitnya dapat tak tertahankan. Untuk dapat mengatasinya, anda bisa pergi ke dokter ataupun gunakan bahan alami.

Gigi berlubang ini disebabkan oleh asam yang diproduksi bakteri yang memakan gula dari makanan yang telah kita maka, asam ini bisa merusak gigi.

Apabila tidak ditangani dengan baik, maka gigi berlubang bisa menyebabkan infkesi, bahkan juga dihubuhkan dengan beberapa penyakit yaitu penyakit jantung.

Nah, berikut ini kami akan membagikan 7 Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang, informasi lengkapnya simak di bawah ini.

1. Penggunaan Fluoride

Pada umumnya, penggunaan fluoride ini dilakukan jika lubang di gigi masih kecil ataupun masih dalam tahap permulaan.

Cara yang satu ini dilakukan dengan cara menggosok fluoride yang berjenis busa, cair, gel, ataupun pernis ke gigi selama beberapa menit oleh dokter gigi.

2. Filling atau Tambal Gigi

Cara yang bisa dilakukan selanjutnya ialah dengan tambal gigi ataupun filing. Tambal gigi adalah tindakan yang sangat umum dilakukan agar bisa mengatasi gigi berlubang.

Doketer akan membersihkan bagian gigi yang telah rusak dengan bor khusus. Lalu, dokter akan menambal gigi berlubang dengan bahan khusus, seperti emas, perak, porselen, atau komposit.

3. Cabut Gigi

Gigi yang dicabut ini dapat meninggalkan ruang ataupun celah yang akan memungkinkan gigi lain bergeser. Untuk bisa mengatasi hal tersebut, dokter akan menyarankan membuat bridge ataupun gigi implan agar menggantikan gigi yang dicabut.

4. Berkumur Air Garam

Cara selanjutnya yaitu dengan bahan alami yang sangat umum dilakukan. Sebetulnya menurut para ahli, sampai kini efek kerja air garam untuk obat pereda radang masih menjadi kontroversi.

Akan tetapi, air garam mampu memberikan manfaatnya sendiri. Dengan berkumur air garam mampu mengurangi tegangan permukaan sehingga nyeri pada gigi dapat berkurang.

5. Kunyah Bawang Putih Mentah

Bawang putih mempunyai sifat antiseptik serta antimikroba yang dapat mengendalikan rasa nyeri. Caranya dengan membunuh bakteri penyebab infeksi gigi.

Caranya, dapat mengunyah bawang putih mentah selama beberapa menit di sisi mulut gigi yang terasa nyeri. Jika tidak dapat mengunyahnya, maka bisa letakan irisan awang merah mentahlangsung di gigi yang sakit.

6. Cahaya Neon

Teknik perawatan yang satu ini bisa mendeteksi perkembangan rongga gigi lebih ampuh, misalnya sinar-X ataupun pemeriksaan gigi biasa.

7. Prosedur Crown

Jika pembusukan gigi cukup parah sehingga membuat gigi rapuh, maka kemungkinan dokter akan mmebuatkan crown. Dokter akan memasang mahkota gigi palsu di atas gigi yang telah rusak.

Sehingga, sebagian gigi rusak dikikis serta disisakan sebagian kecil sebagai tumpuan mahkota gigi palsu. Crown yang palsu ini terbuat dari porselen, emas. resin, porselen fusi logam atau yang lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.