7 Cara Menghilangkan Sakit Perut Saat Haid
7 Cara Menghilangkan Sakit Perut Saat Haid

7 Cara Menghilangkan Sakit Perut Saat Haid

Posted on

Phobidilia.com- 7 Cara Menghilangkan Sakit Perut Saat Haid – Nyeri haid dalam dunia medis ini disebut dengan dismenore merupakan keluhan umum yang biasanya dialami wanita ketika haid.

Nyeri ini biasanya muncul di awal masa haid, tepatnya pada perut bagian bawah. Nyeri dapat terasa ringan serta tak mengganggu, sampai terasa berat dan juga tak tertahankan.

Gejala dismenore yang muncul diantaranya kram ataupun nyeri perut pada bagian bawah, nyeri ini punggung bawah, paha bagian dalam terasa di tarik, mual, diare, pusing serta sakit kepala.

Ketika merasa nyeri haid, tak sedikit wanita yang memerlukan obat untuk meredakannya. Tak hanya itu, sebetulnya masih banyak perawatan rumahan lainnya yang dapat dilakukan.

Berikut ini, kami akan membagikan 7 Cara Menghilangkan Sakit Perut Saat Haid, informasi lengkapnya simak di bawah ini.

1. Kompres Air Hangat 

Anda dapat mengisi air hangat kedalam botol ataupun bantal pemanasa untuk ditempelkan pada bagian perut. Panas yang dihantarkan pada perut bisa mengendurkan otot serta meredakan kram.

Tak hanya itu, panas ini dapat membantu otot rahim serta organ pada sekitarnya rileks yang otomatis meredakan kram serta rasa tak nyaman.

2. Olahraga Ringan

Olahraga yang dianjurkan ketika sakit haid ini dapat meringankan rasa sakit. Olahraga yang berat mungkin tak dianjurkan ketika anda merasa kesakitan.

Akan tetapi, peregangan ringan, berjalan-jalan ataupun lakukan goya akan membantu. Dengan anda berolahraga, anda akan melepaskan endorfin yang merupakan hromon penghilang rasa sakit alami.

3. Akupunktur

Sebuah penelitian menunjukkan jika akupuntur bisa meredakan kram menstruasi. Selain bisa mendorong pelepasan endorfin, perawatan ini mampu mengurangi peradangan serta membantu wanita lebih rileks.

4. Pijat

Mendapatkan pijatan lembut pada area atas perut juga bisa merilekaskan otot-otot panggul serta mengurangi kram.

Sebelum memijat, anda dapat mengoleskan minyak pijat, body lotion ataupun minyak kelapa pada kulit supaya lebih mudah.

5. Banyak minum air

Ketika haid, anda dapat menyiapakna sebotol air yang mudah di bawa untuk bepergian. Anda dapat menambahkan perasan lemon kedalamnya agar dapat memberi rasa.

Minum air memang tak akan mengurangi rasa kram secara langsung, tapi ini bisa mengatasi kembung yag bisa memperberat rasa kram perut yang anda alami.

6. Konsumsi jenis makanan yang sesuai

Saat mengalami kram ketika haid, anda dapat mengonsumsi makanan yang rendah lemak serta kaya serat, misalnya buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran hijau, serta biji-bijian utuh.

Untuk disarankan menjauhi makanan yang berlemak, goreng-gorengan, ataupun makanan yang cepat saji.

7. Konsumsi obat pereda nyeri

Cara selanjutnya, anda boleh untuk mengonsumsi obat pereda nyeri, misalnya paracetamol. Namun, anda perlu baca dulu aturan pemakaiannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.