6 Cara Mengobati Rematik Secara Alami
6 Cara Mengobati Rematik Secara Alami

6 Cara Mengobati Rematik Secara Alami

Posted on

Phobidilia.com- 6 Cara Mengobati Rematik Secara Alami – Penyakit rematik merupakan penyakit sendi kronis yang disebabkan oleh gangguan autoimun.

Rematik ini mampu menyerang hampi seluruh sendi, namun yang sangat sering ialah sendi pada pergelangan tangan, jari tangan, pergelangan kaki serta lutut.

Sendi lainnya yang mungkin diserang ialah sendi pada tulang belakang, bahu, pinggul, leher, rahang, termasuk sambungan antartulang kecil di telingan pada bagian dalam.

Nah, berikut ini kami akan membagikan 6 Cara Mengobati Rematik Secara Alami, silahkan simak di bawah ini informasinya.

1. Cukup tidur

Cukup tidur merupakan hal yang penting untuk semua orang, namun hal tersebut sangat penting untuk mereka yang menderita rematik.

Studi pada 2018 menunjukkan jika kualitas tidur yang buruk mampu memengaruhi tingkat rasa sakit serta kemampuan penderita rematik untuk bergerak.

Usahakanlah untuk tidur setidaknya 8 jam setiap malam. Apabila mengalami insomnia atau mengira apnea tidur, konsultasi dokter untuk diagnosis.

2. Olahraga teratur

Olahraga teratur merupakan cara yang baik untuk memperkuat otot serta bisa meningkatkan jangkauan gerak sendi.

Sebuah penelitian menemukan jika olahraga juga bisa meningkatkan kualitas tidur dan juga kelelahan di orang dengan rematik. Pilihlah olahraga yang tak menekankan persendian, seperti jalan cepat ataupun berenang.

Anda tak dianjutkan untuk olahraga yang punya risiko tinggi sebab kegiatan ini dapat saja memperparah gejala rematik anda.

3. Yoga

Sebuah studi menemukan jika berlatih yoga selama 6 minggu bisa meningkatkan suasana hati, kelelahan serta penerimaan nyeri kronis di wanita muda dengan gejala rematik.

Sama dengan latihan lainnya, buat modifikasi apa pun yang anda perlukan untuk meminimalkan tekanan sendi serta menghindari rasa sakit ketikan yoga.

Anda juga bisa mencoba menggunakan alat peraga apabila membutuhkan bantuan dengan pose yang tertentu.

4. Tai chi

Tai chi merupakan seni bela diri Tiongkok yang menggabungkan geraka lambat, lembut dengan kesadaran serta pernapasan dalam.

Sebuah studi menunjukan jika tai chi juga bisa meningkatkan kecemasan serta meningkatkan dukungan sosial di orang denfan gejala rematik.

Pastikan juga anda mengambil pelajaran tai chi ini dari instruktur yang berpengalaman serta janganlah melakukan geraka yang akan membuat rasa sakit lebih buruk.

5. Pijat

Pijat bisa dilakukan oleh terapis terlatih, anggota keluarga ataupun anda sendiri dan bisa memperbaiki gejala rematik.

Sebuah studi menunjukan jika orang dengan rematik yang menerima pijatan tekanan sedang punya lebih sedikit rasa sakit, kekuatan cengkeraman yang lebih serta peningkatan rentang gerak dari pada mereka yang menerima pijatan tekanan ringan.

6. Kompres es atau air hangat

Banyak dokter yang merekomendasikan perawatan panas dan juga dingin untuk bisa meringankan gejala rematik.

Masing-masing perawatan tersebut menawarkan fungsi yang berbeda. Dingin bisa mencegah pembengkakan serta peradangan sendi.

Seperti contoh, kompres es ke sendi yang sakit ketika terjadi serangan rematik selama kurang lebih 15 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published.