5 Jurusan Kuliah Kesehatan yang Selalu Dibutuhkan di Dunia Kerja
5 Jurusan Kuliah Kesehatan yang Selalu Dibutuhkan di Dunia Kerja

5 Jurusan Kuliah Kesehatan yang Selalu Dibutuhkan di Dunia Kerja

Posted on

phobidilia.com Lulusan Program Studi Kesehatan tidak selalu hanya dokter, tetapi ada juga beberapa profesi yang juga dibutuhkan dalam dunia kerja. Seperti perawat berlisensi, administrator, manajer fasilitas kesehatan, apoteker, dan lain-lain.

Bagi siswa SMA yang tertarik dengan lulusan ilmu di bidang kesehatan, dapat mempertimbangkan jurusan selain dokter untuk berkarir di bidang kesehatan.

Terutama bagi jurusan yang lulusannya selalu dibutuhkan untuk dunia kerja kedepannya.Apa Departemen Sekolah Kedokteran? Berikut adalah review.

1. Radiologi

Radiologi adalah cabang kedokteran yang mempelajari pemindaian dan diagnosis bagian dalam tubuh manusia menggunakan penerapan radiasi gelombang.

Umumnya jurusan radiologi di tingkat perguruan tinggi adalah jenjang pendidikan D3 dan D4. Lulusan diploma 3 memiliki gelar Associate expert di Radiodiagnostics dan radioterapi. Selain program D4 (S.St).

Nantinya, lulusan radiologi akan dibutuhkan sesuai dengan spesifikasinya seperti menjadi radiografer, terapis radiologi, teknolog Kedokteran Nuklir, teknisi radiologi medis, akademisi, hingga peneliti.

2. Keperawatan

Tidak hanya dokter, profesi keperawatan juga akan terus dibutuhkan di dunia kerja kedepannya. Oleh karena itu, Departemen Keperawatan tetap diminati, terutama gaya hidup orang-orang yang mulai meningkatkan kesadaran mereka akan kesehatan.

Setelah lulus, bidang keperawatan tidak hanya sebatas melayani di klinik atau rumah sakit. Di masa depan, banyak perawat akan dibutuhkan untuk perawatan pencegahan penyakit kronis seperti diabetes dan obesitas.

3. Teknik Biomedis

Teknik biomedis adalah kombinasi dari teknik dan ilmu kedokteran. Ini studi utama sistem rekayasa yang dapat diterapkan untuk biologi dan kedokteran untuk tujuan perawatan kesehatan.

Bidang ini juga membantu para profesional medis untuk mengumpulkan data, analisis, dan terapi. Karena itu, banyak wanita tertarik untuk mengambil departemen ini.

4. Farmakologi

Selain itu, ada Departemen Farmakologi yang memungkinkan lulusan untuk menjadi apoteker ahli. Di bidang Kesehatan, Apoteker tidak hanya dibutuhkan di apotek tetapi juga di organisasi penelitian, universitas, rumah sakit, industri farmasi, biotek dan lembaga pemerintah.

Bahkan tidak mungkin di masa mendatang, apoteker akan diperlukan dalam perawatan rawat jalan, Administrasi, Asuransi, dan Farmasi khusus.

Selain apoteker, menurut Crimson Education, lulusan farmakologi juga bisa menjadi ahli farmakologi, perwakilan penjualan farmasi atau manajer pemasaran, dan penulis kesehatan.

5. Fisioterapi

Departemen fisioterapi akan mempelajari anatomi tubuh manusia dan fungsinya. Lulusan fisioterapi akan dibutuhkan di dunia kerja masa depan oleh klinik, rumah sakit, atau pusat kebugaran.

Selain itu, sebagai fisioterapis juga dapat membuka layanan praktik sendiri sebagai konsultan layanan fisioterapi, seperti untuk atlet atau penderita penyakit tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.