3 Tips Cegah Gangguan Mata Akibat Gadget
3 Tips Cegah Gangguan Mata Akibat Gadget

3 Tips Cegah Gangguan Mata Akibat Gadget

Posted on

phobidilia.com Cahaya biru atau cahaya biru dari gadget dapat menyebabkan gangguan mata hingga risiko kebutaan. Apalagi di masa pandemi ini, masyarakat semakin banyak menatap layar mereka.

Hal yang memicu gangguan mata Saat bermain gadget adalah aktivitas melihat layar dengan cermat, yang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Di Amerika Serikat saja, lebih dari 40% menderita gangguan mata ini, terutama di kalangan anak usia sekolah. Dokter mata mengharapkan tren ini berlanjut dalam beberapa dekade mendatang. Hal yang sama dijelaskan oleh Dr. Andreas.

Selain aktivitas melihat close-up, ada juga faktor risiko lain seperti genetika yang menyebabkan miopia. Selain itu, ada beberapa tips dari dokter Andreas untuk mencegah terjadinya rabun jauh atau miopia dan gangguan mata lainnya saat bermain gadget. Ada sesuatu? Lihat lebih lanjut di bawah ini.

1. Berkedip atau berkedip

Hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan adalah berkedip atau berkedip. Ya, serius melihat layar terkadang membuat orang lupa berkedip.

Padahal kedipan ini memberikan banyak manfaat, salah satunya menyehatkan mata. Oleh karena itu, dokter Andreas mengingatkan masyarakat untuk berkedip ‘sengaja’ saat menatap layar gadget.

Selain memberi nutrisi dan melumasi mata, para ilmuwan dari Jepang juga mengatakan berkedip bisa berfungsi sebagai istirahat sejenak bagi otak. Karena itu, jangan lupa berkedip, ya!

2. Aturan 20 atau 20-20-20

Selain mengatur jarak, dokter Andreas juga menyarankan untuk melakukan Aturan 20 atau aturan 20-20-20. Apakah itu? Aturan 20 adalah waktu istirahat untuk mata setiap 20 menit sekali di siang hari menatap layar gadget. Ya, luangkan waktu Anda untuk melihat objek sekitar 20 kaki atau 6 meter setidaknya selama 20 detik.
Dr. Andreas mengatakan, bahkan peneliti mengusulkan untuk melakukan aktivitas di luar ruangan atau outdoor activities setiap 1 jam setiap hari. Ini dilakukan untuk menyeimbangkan aktivitas menonton close-up yang dilakukan sebelumnya. Anda dapat melihat pemandangan di luar ruangan sambil melakukan beberapa gerakan peregangan untuk lebih rileks.

Menyesuaikan jarak
Melihat penjelasan sebelumnya, tentu saja menyesuaikan jarak adalah tip utama untuk mencegah miopia atau gangguan mata lainnya. Dokter Andreas mengimbau kepada masyarakat untuk memberikan jarak sekitar 60 cm antara mata dan layar laptop dan 80 cm antara mata dan layar komputer. Sedangkan untuk layar yang lebih kecil seperti handphone harus memiliki jarak minimal 30 cm dari mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published.